Luar Biasa! Kota Metro Menghasilkan Sampah 52 Ton Perhari

Ragah.com, Kota Metro – Persoalan sampah memang telah menjadi perhatian khusus di Indonesia, tak terkecuali di Kota Metro. Di mana, saat ini sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo, telah mencapai 52 ton per harinya. Tentu hal ini menjadi problematika serius yang perlu segera ditanggulangi dengan baik.

Di kawasan perkotaan seperti di Kota Metro, persoalan sampah merupakan pekerjaan rumah yang sangat besar. Sebut saja sampah plastik, di mana untuk mengurainya dibutuhkan waktu +/- 50 tahun. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Metro mengimbau kepada seluruh ASN untuk dapat mengurangi penggunaan plastik.

“Setiap acara, baik yang diselenggarakan dinas atau masyarakat umum, untuk dapat mengurangi atau tidak sama sekali menggunakan makanan atau minuman yang bahan pembungkusnya plastik, dan dalam waktu dekat kita akan membuat surat edaran tentang pengurangan penggunaan bahan plastik,” kata Walikota Metro Achmad Pairin ketika mengunjungi TPAS Karangrejo, Metro Utara, pada Jumat (18/10/2019).

Sementara itu, berdasarkan pantauan Ragah.com, hampir 60% gunungan sampah di TPAS Karangrejo berupa plastik dan sebagian ada juga limbah medis yang tercecer.

Terkait hal tersebut, Wakil Wali Kota Metro Djohan, menyampaikan kepada dinas terkait untuk lebih mensosialisasikan pengolahan sampah berbahaya, terutama sampah medis.

Wakil Wali Kota Metro Djohan saat menunjukan sampah medis yang tercecer. Foto: Ragah.com

“Untuk gunungan sampah ini, kita akan serius untuk menanganinya, terutama sampah berbahaya berupa limbah medis, karena sangat berdampak negatif kepada kesehatan, dan saya menghimbau kepada dinas terkait untuk menyiapkan tempat khusus terutama limbah berbahaya dan segera keluarkan surat himbauan kepada balai kesehatan dan klinik berikut jajaran di bawahnya, untuk menyiapkan tempat khusus limbah berbahaya, agar tidak tercecer di tempat pembuangan sampah umum,” tutupnya. (RG4)

Untuk Berbagi, Klik Tombol Di Bawah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *