Pasar Rukun Masyarakat “Paruk Mas” Yosodadi Akan Segera Dibuka

Pasar Rukun Masyarakat "Paruk Mas" Yosodadi Akan Segera Dibuka

Ragah.com, Kota Metro – Kabar baik bagi warga Kota Metro, sebentar lagi Pasar Rukun Masyarakat atau Paruk Mas akan hadir di Bumi Sai Waway. Direncanakan, Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) akan membuka secara resmi Paruk Mas pada Hari Minggu, 28/03/2021 pukul 07.30 WIB.

Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Metro, Paruk Mas yang berlokasi di Jalan Teri, RW 05, Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur tersebut, menyajikan beraneka jenis penganan dan minuman yang menggugah selera. Selain itu, tersedia juga tempat nongkrong dengan beragam bentuk yang ciamik, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepas lelah ataupun bersua foto sambil menikmati hidangan yang ada.

Lebih uniknya lagi, bagi pengunjung yang ingin berbelanja di Paruk Mas, panitia telah menyediakan kepingan bambu khusus yang berfungsi sebagai alat tukar. Di mana, satu keping bambu sama nilainya dengan uang 2.000 rupiah. Sementara untuk mendapatkan kepingan bambu tersebut, pengunjung dapat menukarnya di depan pintu masuk.

Pasar Rukun Masyarakat "Paruk Mas" Yosodadi Akan Segera Dibuka 2

Adalah M. Ridwan, salah satu inisiator sekaligus ketua dari Paruk Mas, kepada Ragah.com dia menyampaikan latar belakang berdirinya Paruk Mas.

“Kita terpicu oleh rasa kebersamaan di dalam lingkungan kita ini, bagaimana supaya bersama-sama kita menggerakkan warga masyarakat untuk membuat wadah aktivitas, baik itu perekonomian, edukasi ataupun kesenian, seperti seni rupa dan lain-lainnya,” ujarnya, Sabtu (27/03/2021).

Selain itu, lanjut Ridwan, salah satu pemicu lainnya adalah keprihatinan dirinya dan tokoh masyarakat RW 05 Kelurahan Yosodadi terhadap fenomena gadget di kalangan anak-anak.

“Salah satu pemicu lainnya adalah ketika kita melihat kecenderungan anak-anak kita yang sekarang sudah sulit terlepas dari gadget, ke depan akan kita upayakan di sini ada permainan yang bisalah untuk anak-anak kita di lingkungan ini plus untuk anak-anak pengunjung,” tuturnya.

Pasar Rukun Masyarakat "Paruk Mas" Yosodadi Akan Segera Dibuka 3

Pada kesempatan yang sama, Ridwan juga menjelaskan, Paruk Mas berdiri murni dari swadaya masyarakat. Di mana, hanya butuh waktu 3 minggu dalam persiapannya.

“Ke depannya harapan kita adalah selain dari pada tujuan ekonomi, tujuan lainnya juga bisa tercapai, paling tidak dalam lingkung RW 05 Kelurahan Yosodadi Metro Timur,” pungkasnya.

Diketahui, sebelum dibuka secara resmi oleh Walikota Metro, Paruk mas telah beroperasi satu hari sebelumnya, yakni pada hari ini, Sabtu (27/03/2021).

Pasar Rukun Masyarakat "Paruk Mas" Yosodadi Akan Segera Dibuka 4

“Alhamdulillah, seneng bisa disediakan lapak oleh warga masyarakat RW 5 untuk berjualan, sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Pagi ini memang belum dilaunching, diresmikan, tapi sudah mulai berjualan. Meskipun terlihat belum terlalu ramai, tapi orangnya mengalir untuk belanja. Alhamdulillah semua yang dijual habis dagangannya,” kata Rohaniya, salah satu pedagang di Paruk Mas.

Selanjutnya, Rohaniya menjelaskan, Paruk Mas akan dibuka setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30 WIB. Sementara selama Bulan Ramadhan, akan dibuka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB.

Berlokasi di bawah pepohonan rindang dengan view area persawahan yang membentang luas, menjadikan Paruk Mas sebagai tempat yang layak untuk anda kunjungi bersama keluarga, komunitas, sahabat, ataupun pasangan. (RG3)

LOKASI PARUK MAS

Untuk Berbagi, Klik Tombol Di Bawah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *