Polisi Bekuk Tersangka Begal & Penadah Barang Curian di Kota Metro

Polisi Bekuk Tersangka Begal & Penadah Barang Curian di Kota Metro

Ragah.com, Kota Metro – Tim Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Metro berhasil membekuk satu orang tersangka pelaku begal dan dua orang tersangka penadah barang curian.

Penangkapan bermula atas laporan korban pembegalan berinisial LU (23) warga Sukorejo Lampung Timur. Di mana, pada 29 November 2020 lalu, sekira Pukul 04.00 WIB korban mengalami tindak pencurian dengan kekerasan (curas) di Jl. Manunggal 3, Metro Pusat.

Kasatreskrim Polres Metro AKP. Andri Gustami menjelaskan, tersangka pelaku begal berinisial DMS (30) warga Tulusrejo Lampung Timur.

“DMS merupakan residivis dengan tindak kejahatan yang sama dan merupakan jaringan antar kabupaten. Tersangka baru bebas melalui program asimilasi dan kembali melakukan tindakan yang sama,” jelas AKP. Andri Gustami dalam Konferensi Pers Pengungkapan Kasus yang digelar pada Jumat (22/01/2021).

Lebih lanjut, AKP. Andri Gustami menjelaskan tentang kronologi penangkapan tersangka.

“Awalnya kami melakukan penangkapan di daerah Pekalongan, di kediaman tersangka, namun tersangka berhasil melarikan diri. Kemudian, Tim Tekab 308 melakukan proses penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka di daerah Mulyoasri Kabupaten Tulang Bawang Barat,” paparnya.

Polisi Bekuk Tersangka Begal & Penadah Barang Curian di Kota Metro 2

Menurut AKP. Andri Gustami, dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor yang merupakan hasil dari tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka.

“Kami juga mengamankan satu unit handphone korban yang sudah sempat dijual oleh tersangka kepada 2 orang 480 (tersangka penadah) ini,” terangnya.

Akibat perbuatannya, lanjut AKP. Andri Gustami, tersangka DMS akan dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

“Untuk 2 orang tersangka lainnya 480 ataupun penadahnya, kami terapkan dengan Pasal 480 dengan ancaman pidana 4 tahun penjara,” katanya.

Sementara itu, DMS selaku tersangka utama, mengaku melakukan tindak kriminal tersebut bersama 1 orang rekannya.

“Saya mengakui kejahatan tersebut dikarenakan keperluan ekonomi, karena saya mempunyai istri dua dan anak dua,” ujarnya.

Polisi Bekuk Tersangka Begal & Penadah Barang Curian di Kota Metro 3

Di tempat yang sama, Kapolres Metro AKBP. Retno Prihawati, S.Sos, SIK., M.H. menjelaskan, tersangka merupakan pelaku lama yang kemungkinan memiliki jaringan di luar kota.

“Ini kan pelaku lama, sehingga jaringannya kemungkinan juga berada di luar kota, tetapi konsentrasi kita adalah kepada penanganan kasus-kasus curanmor, terutama kejahatan-kejahatan yang sifatnya kejahatan jalanan, jadi bukan hanya ini saja yang nanti akan kita rilis, ada beberapa kejahatan-kejahatan lain yang sudah berhasil diungkap,” katanya.

Selanjutnya AKBP. Retno Prihawati mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mengalami tindak kriminal, agar segera melaporkannya kepada pihak Kepolisian.

“Fokus kita adalah kepada masyarakat, bagi yang mengalami hal-hal seperti ini, kecepatan pelaporan itu yang paling penting, jangan sampai menunggu lama, mungkin besoknya atau beberapa jam kemudian,
jadi sesaat setelah kejadian, kita harapkan langsung untuk melaporkan ke kepolisian terdekat,” imbaunya.

Menurut AKBP. Retno Prihawati, dengan semakin cepat melaporkan suatu tindak kriminalitas kepada pihak kepolisian, maka peluang polisi untuk melacak dan menangkap para pelaku akan semakin besar.

“Dengan adanya kecepatan seperti itu, kemungkinan untuk kita bisa melacak atau mendapatkan para pelaku, lebih besar dibandingkan dengan apabila laporan itu sudah berhari-hari bahkan mungkin tidak dilaporkan,” tutupnya. (Eman)

Untuk Berbagi, Klik Tombol Di Bawah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *